Etika Berpakaian Saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Home / Cleaning Tips / Etika Berpakaian Saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Ketahui
Etika Berpakaian Saat Wawancara Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu proses penting dalam perekrutan karyawan baru adalah wawancara. Melalui proses ini, perusahaan bisa mengetahui kualitas calon karyawan yang akan direkrut dan apakah mereka cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut. Bagi para calon karyawan, proses wawancara juga sangat penting karena punya penilaian besar dalam keberhasilan mereka diterima bekerja. Ada berbagai faktor yang bisa menentukan keberhasilan saat wawancara, salah satunya adalah etika berpakaian. Berikut ini beberap etika berpakaian yang perlu Anda perhatikan saat melakukan wawancara kerja.

Perhatikan Budaya Berpakaian di Kantor Tersebut

Untuk menunjukkan etika berpakaian yang baik saat wawancara, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana budaya berpakaian di kantor tersebut. Ada perusahaan yang memiliki budaya berpakaian casual namun ada pula yang mengharuskan setiap karyawan berpakaian formal. Sesuaikan pakaian yang akan digunakan dengan budaya berpakaian di kantor tersebut. Tetap perhatikan juga batasan pakaian yang diperbolehkan jangan sampai Anda terlihat kurang sopan karena penggunaan pakaian yang kurang tepat.

Pilih warna pakaian yang sesuai

Pemilihan warna pakaian juga sangat penting apabila Anda ingin sukses saat menjalani wawancara kerja. Anda bisa memilih pakaian dengan warna cerah karena memberikan kesan ramah dan mudah berbaur. Sementara itu, warna pakaian gelap akan menunjukkan kesan yang tegas dan berwibawa. Sesuaikan pemilihan warna dengan posisi yang akan Anda duduki di perusahaan tersebut. Sehingga, kesan baik akan tercipta melalui pemilihan warna pakaian yang tepat saat melakukan wawancara kerja.

Hindari penggunaan aksesoris berlebihan

Untuk menyempurnakan penampilan saat wawancara kerja, Anda bisa mencoba menggunakan aksesoris seperti cincin atau kalung. Penggunaan aksesoris bisa melengkapi pakaian yang Anda gunakan agar semakin menarik. Tapi, hindari penggunaan aksesoris secara berlebihan karena akan membuat Anda terlalu mencolok. Pilihlah aksesoris yang senada agar tetap cocok dengan pakaian yang Anda kenakan. Selain bisa membuat penampilan semakin menarik, penggunaan aksesoris secukupnya juga bisa memberi kesan baik dihadapan pewawancara nantinya.

Gunakan Ikat Pinggang

Selain atasan, Anda juga perlu memperhatikan bagian bawahan pakaian Anda. Jika perusahaan yang Anda lamar memiliki budaya berpakaian formal, maka sebaiknya masukkanlah kemeja kedalam celana. Jangan lupa juga untuk menyempurnakan penampilan dengan menggunakan menggunakan ikat pinggang terlebih dahulu. Menggunakan ikat pinggang akan membuat Anda merasa nyaman saat bergerak serta bisa membuat penampilan terlihat lebih sopan. Kesan baik pun akan tercipta dihadapan pewawancara dan membuat peluang Anda diterima bekerja juga semakin besar.

Pastikan pakaian dalam kondisi terbaik

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah kondisi pakaian yang digunakan saat melakukan wawancara. Pastikan pakaian yang Anda gunakan saat wawancara berada dalam kondisi terbaik agar bisa meyakinkan pewawancara. Pakaian dalam kondisi terbaik berarti pakaian Anda rapi, tidak mengganggu Anda saat bergerak serta bisa menunjang penampilan Anda. Pakaian yang berada dalam kondisi terbaik akan membuat penampilan terlihat lebih sempurna dan membaut pewawancara terkesan dengan Anda.

Itulah 5 etika yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan wawancara kerja. Sedang mencari info lowongan kerja cleaning service terbaru? Jangan khawatir, PT Mitratama Cipta Selaras membuka peluang bagi Anda yang ingin bekerja dan meniti karier besama PT Mitratama Cipta Selaras. Anda bisa mengunjungi bagian career, untuk mengetahui posisi apa sajakah yang tersedia serta tugas atau peran yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.