Mau Punya Rumah Sehat? Inilah Beberapa Cirinya

Home / Cleaning Tips / Mau Punya Rumah Sehat? Inilah Beberapa Cirinya
Mau Punya Rumah Sehat? Inilah Beberapa Cirinya

Menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Sebab, kesehatan merupakan nikmat terbaik yang bisa kita rasakan setiap harinya dan perlu disyukuri dengan cara dijaga. Kesehatan bisa dijaga dengan melakukan berbagai hal termasuk dimulai dari dalam rumah sendiri. Anda bisa menciptakan rumah yang sehat dengan memperhatikan beberapa ciri sebagai berikut.

Air Cukup dan Bersih

Air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Kita membutuhkan air untuk minum, mandi, masak, dan berbagai aktivitas lainnya. Tanpa air, manusia tidak bisa menjalani kehidupan sebagaimana mestinya.

Sebuah rumah yang sehat membutuhkan air yang cukup dan bersih di dalamnya. Aliran air harus lancar agar Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di rumah tanpa hambatan. Selain itu, kualitas air juga harus bersih agar aman digunakan untuk berbagai kegiatan seperti memasak, minum dan mandi.

Bebas Hama

Rumah merupakan tempat berlindung kita dari udara panas, dingin dan hal-hal yang membahayakan lainnya. Hama seperti tikus dan nyamuk bisa dikategorikan sebagai hama yang dapat membahayakan kehidupan penghuni rumah didalamnya. Tikus bisa merusak perabotan rumah dan menyebarkan penyakit dari kotoran yang dibawanya sementara nyamuk bisa membawa penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu, jika ingin memiliki rumah sehat, pastikan rumah Anda senantiasa terbebas dari hama seperti nyamuk dan tikus agar kesehatan penghuninya tetap terjaga.

Cukup Ventilasi

Tidak hanya air, udara juga punya peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Kita membutuhkan udara yang cukup dan bersih agar bisa dihirup setiap saat. Rumah yang sehat perlu memperhitungkan kecukupan udara di dalamnya melalui ventilasi rumah. Ventilasi perlu dibuat secukup mungkin agar udara bisa masuk dan membuat rumah terasa tidak pengap. Selain itu, perhitungkan juga keamanan ventilasi dengan menggunakan saringan agar tidak ada nyamuk yang masuk dan mengganggu kehidupan penghuni rumah didalamnya.

Barang Tidak Menumpuk

Peletakkan barang di dalam rumah juga menentukan apakah sebuah rumah dikatakan sehat atau tidak. Sebab, ketika barang diletakkan secara menumpuk akan memicu penumpukan debu yang terbawa oleh angin. Selain itu, barang yang dibuat menumpuk atau tercecer akan menyulitkan Anda ketika sewaktu-waktu membutuhkan barang tersebut. Jadi, selalu letakkan barang yang ada di rumah pada tempatnya agar tidak mengganggu aktivitas Anda di rumah dan membuat rumah jadi lebih sehat.

Terbuat dari Bahan-bahan Aman

Saat membuat rumah, ada berbagai bahan yang bisa Anda gunakan mulai dari kayu, besi hingga batu. Untuk menciptakan rumah yang sehat, pastikan bahan-bahan yang digunakan aman dan tidak berpotensi menimbulkan masalah bagi penghuni rumahnya. Anda bisa membuat rumah dari bahan yang aman dengan memperhatikan kandungan timah, debu dan asbes bebas yang tidak berlebihan. Selain itu, hindari juga pengunaan material yang tajam dan berbahaya pada perabotan rumah agar dapat meminimalisir potensi cedera saat beraktivitas di dalam rumah.

Bersih

Hal terakhir yang paling penting dalam menciptkan rumah sehat adalah menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan faktor penting dalam menciptakan rumah sehat karena rumah yang bersih bisa meminimalisir potensi penyebaran penyakit. Anda bisa membersihkan rumah dengan membersihkan debu dan merapihkan barang setiap hari agar rumah lebih sehat.

Sulit untuk membersihkan rumah setiap hari? Jangan khawatir, Anda bisa mewujudkan rumah sehat yang bersih dengan menggunakan jasa cleaning service rumah dari PT Mitratama Cipta Selaras. Dengan menekankan prinsip 5R (Resik, Ringkas, Rapi, Rawat dan Rajin) kepada setiap petugas cleaning servicenya, PT Mitratama Cipta Selaras akan membantu rumah Anda agar senantiasa bersih dan sehat. Penghuni rumah pun akan merasa lebih nyaman untuk tinggal di dalam rumah karena kondisinya yang bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.